Presiden ke -3 RI Bacharudin Jusuf Habibie Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Subroto Rabu Malam Ini

TELUKKUANTAN (KuansingKita) – Presiden ke-3 RI, Bacharudin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18.05 wib tadi. Sebelum meninggal dunia kondisi Habibie sempat menurun kendati kondisi kesehatannya terus dipantau oleh 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan.
Mengutip Kompas.com, informasi Habibie meninggal dunia telah dikonfirmasi langsung kepada putranya Thareq Kemal Habibie. Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya adalah jantung.
Ia sekaligus mengapresiasi tim dokter yang selama ini menangani sang ayah selama dalam perawatan. Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat.
Pada tahun 2018 lalu, kondisi Habibie juga menurun karena kelelahan setelah melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia. Pada tahun yang sama, ia juga pernah dirawat di Jerman karena mengalami kebocoran klep jantung.
Akibat kebocoran tersebut, terjadi penumpukan air di paru-parunya hingga 1.5 liter, sehingga Habibie kesulitan untuk bernafas. Saat itu, tekanan darah nya juga meningkat sampai 180 ke atas.

Saat itu, presiden Joko Widodo mengutus tim dokter kepresidenan ke Jerman guna memantau kesehatan Habibie. Dua tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2016, Habibie juga sempat dirawat di rumah sakit RSPAD Gatot Subroto.
Saat ini, Habibie didiagnosa terkena infeksi bakteri yang berakibat suhu tubuh Habibie sempat mengalami demam selama beberapa hari.
Beberapa menit setelah Habibie meninggal dunia, Presiden Joko Widodo langsung melayat ke RSPAD Gatot Soebroto. Jokowi didampingi isterinya Iriana dan putranya Gibran, tiba di RSPAD Gatot Soebroto sekitar pukul 18.10.
Di RSPAD, Presiden Jokowi mengungkapkan kesannya terhadap sikap bijak dan bersahabatnya Presiden ke-3 RI, Bacharudin Jusuf Habibie.
“Selalu setiap persoalan-persoalan yang ada di negara kita, soal urusan ekonomi, kebangsaan beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya,” ujar Jokowi di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (11/9/2019) malam.(kkc)
(Foto Kompas/Heru Sri Kumoro)

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...