Undangan Disebar Merata, Pacu Jalur Rayon IV Diikuti Juara Rayon I dan II Namun Juara Rayon III Absen

Romi Alfisyah Putra
TELUKKUANTAN (KuansingKita) – Pacu jalur Rayon IV akan digelar selama tiga hari mulai Kamis (1/8/2019) hingga Sabtu (3/8/2019) di gelanggang Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah. Ajang pacu jalur Rayon IV ini diikuti 82 jalur.
Dari daftar jalur peserta, juara Rayon I jalur Pangeran Hilir dari Desa Teluk Pauh, Cerenti ikut hadir dan akan berpacu di jalan kiri pada hilir ke 21 melawan Dubalang Riau dari Desa Sawah Taluk di jalan kanan. Begitu juga juara Rayon II, jalur Limbago Sati Rantau Kuantan dari Kenegerian Kopah hadir di Rayon IV.
Jalur Limbago Sati Rantau Kuantan dari Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah akan berpacu di jalan kanan pada hilir ke 41 melawan jalur tuan rumah, Gelombang Tsunami dari Desa Pulau Komang Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya di jalan kiri.
Sang juara yang tidak hadir di Rayon IV adalah juara Rayon III Sang Ratu Helmina dari Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan.  Padahal Ketua Panitia Pacu Jalur Rayon IV, Romi Alfisyah Putra ketika dikonfirmasi KuansingKita mengatakan undangan disebar merata di setiap kecamatan.
 Bahkan kata Romi, undangan dari panitia Pacu Jalur Rayon IV bukan saja disebarkan di setiap kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi tapi undangan Rayon IV ini juga disebarkan hingga Kabupaten Inderagiri Hulu.  Tujuannya agar pacu jalur Rayon IV lebih semarak.

Selain menyebarkan undangan secara merata, anggota DPRD Kuansing Terpilih ini membeberkan panitia juga telah menghubungi beberapa donator agar hadiah yang diberikan kepada pemenang pacu jalur Rayon IV lebih besar dari hadiah di rayon lainnya. Ini tujuannya sama agar Rayon IV lebih semarak.
Ditanya tentang opening ceremony atau acara pembukaan, Romi mengatakan lokasi acara pembukaan sengaja dipilih dekat gelanggang Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putieh. Nanti katanya acara akan diisi dengan pagelaran budaya dari para siswa-siswi di Kecamatan Sentajo Raya.
Sementara itu, pengurus jalur Sang Ratu Helmina, Hendrianto ketika dihubungi KuansingKita mengaku telah menerima undangan panitia. Namun demikian, pihaknya sengaja tidak hadir di Rayon IV karena ingin memberi kesempatan kepada jalur-jalur dari kawasan mudik terutama jalur dari Hulu Kuantan.
Selain alasan itu, Hendrianto mengatakan desanya kini tengah berhemat untuk menghadapi pacu jalur di gelanggang Tepian Nerosa. Begitu juga katanya para pemacu diberi kesempatan untuk mencari nafkah agar tidak mengalami kesulitan ekonomi saat menghadapi pacu jalur di gelanggang Tepian Nerosa.
“ Tidak hadir di Rayon IV memang sudah kesepakatan bersama. Bukan karena alasan lain tapi memberi kesempatan kepada pemacu untuk mencari nafkah,” kata Hendrianto (kkc)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...